Selasa, 24 Mei 2016

Jadi blogger kopi, banyak untungnya!


What makes you a blogger? Hal apa yang mendorong Anda menjadi seorang blogger? Klo saya, jujur, 'kecemplung' jadi blogger gara-gara kopi. Walaupun blog ini udah saya bikin dari 4 tahun lalu, tapi sebelumnya saya nggak pernah pede menyatakan diri sebagai blogger. Soalnya, di mata saya yang namanya blogger itu bukan sekadar punya blog--tapi juga aktif 'merawat' blog dan konsisten mengisi blognya. Bukan yang angot-angotan kayak saya ini.

Setelah kenal kopi (bukan copy paste loh ya! hehe) saya terpaksa sering nulis blog. Dan akibat keterpaksaan tersebut, saya akhirnya beberapa kali dapet postingan berbayar di blog ini. HUWOW. Eits, jangan salah... bukan cuma itu dampak yang saya alami. Ada banyak lagi keuntungan yang saya dapatkan sebagai blogger kopi. Penasaran? Ini dia!


Okeh, sebelom panjang lebar bahas untungnya jadi blogger kopi; ada baiknya saya terangkan dulu dengan jelas apa dan siapa itu KOPI.

Koalisi Online Pesona Indonesia (KOPI) merupakan sebuah koalisi antara blogger dan jurnalis online yang berdiri sejak 26 November 2015 lalu. "Dengan terbentuknya koalisi ini diharapkan pesona  Indonesia--mulai dari kuliner sampai keindahan alamnya semakin sering ditulis dan diekspos," ungkap Arul Arista selaku inisiator KOPI.

Adapun isi lengkap deklarasi KOPI adalah sbb:
:: Dok. KOPI ::

Kalau baca deklarasinya, KOPI seolah ingin mendobrak paradigma bad news is good news yang kerap diterapkan oleh media konvensional maupun blogger kebanyakan--di mana konten berita buruk, isu negatif, plus 'bumbu' judul yang sensasional seringkali dipakai untuk mendapatkan perhatian pembaca. Buat KOPI-ers: good news is good news! Koalisi ini ingin menampilkan sebanyak mungkin berita positif soal Indonesia.

Meskipun dideklarasikan secara resmi, jangan kira gabung di KOPI itu berat, banyak aturannya, atau serba formal. Sebaliknya, KOPI sifatnya santai dan tidak mengikat. Kita cuma "ngumpul" lewat grup WhatsApp dan ikut kegiatan bareng untuk diliput. Berasa gak cocok atau susah ngatur waktunya? Tinggal out aja kok dari grup :)

Anyway, kembali ke soal beberapa keuntungan menjadi blogger KOPI; saya bakal share beberapa benefit yang telah saya rasakan sendiri setelah tergabung menjadi member KOPI selama 5 bulan ini.

1. Networking
Manfaat pertama dan terutama buat saya sebagai blogger KOPI adalah networking alias memperluas jejaring sosial. Di dalam KOPI sendiri, saya mendapatkan kenalan dan teman-teman dari berbagai latar belakang. Ada wartawan, fotografer, pengusaha kuliner, pengusaha batik, freelance writer, guru, tarot reader, pegawai bank, philanthropist, ibu rumah tangga, penulis novel, full time blogger, mahasiswi, sampai driver. 

salah satu keseruan acara KOPI bareng Giring 'Nidji'

Selain itu, banyak tokoh penting pun menjadi sahabat KOPI; sebut saja di antaranya Ira Puspadewi (CEO Sarinah), Johnnie Sugiarto (founder El John Pageant), Giring "Nidji" Ganesha (penyanyi), Asma Nadia (penulis best seller). Berkat kegiatan KOPI pula, saya bisa bertatap muka plus foto bareng dengan sejumlah film maker dan aktor/aktris kenamaan seperti Hanung Bramantyo, Vino G. Bastian, Ira Maya Sopha, daaannn masih banyak lagi.

2.  Up-to-date
Hal kedua yang saya rasakan sebagai blogger KOPI adalah jadi lebih up-to-date, tau duluan berbagai info dan kabar baik yang terjadi di sekitar kita. Bukan cuma yang pertama tau, bahkan kita juga bisa jadi yang pertama nonton film-film Indonesia *woohoo!* karena sering diundang ke acara preview film (sebelum tayang di bioskop) ataupun premiere (mulai tayang). Asik kaaan? ;)

3. Konten Viral
Gara-gara join KOPI, mau nggak mau saya jadi nulis blog melulu. Hahaha. Iyalah, banyak ikut kegiatannya dan semua harus ditulis liputannya SE-GE-RA. Blog jadi (lebih) aktif (dari sebelumnya) karena kontennya lebih banyak dan beragam, viewers pun bertambah. Buat yang butuh gambaran kegiatan KOPI yang pernah saya ikuti, silakan baca liputannya di sini, di sini, di sini, juga di sini. Asiknya lagi, teman-teman KOPI saling bersinergi untuk mem-viral-kan postingan blog melalui akun media sosial masing-masing. That's why KOPI-ers juga disebut sebagai Sepol alias Serdadu Jempol.

4. Posting berbayar
Blogger mana sih yang nggak pengen dapat uang ataupun barang dari blognya? yakan ya kaaann :D Iya, saya juga. Tapi jujur saya belum se-pede itu mengharapkan ada yang mau bayar untuk postingan di blog yang masih begini :") Kenyataannya, sejak join KOPI saya sudah mengerjakan lebih 5 postingan berbayar. *perhatikan ya, saya baru 5 bulan join KOPI udh dapet 5 postingan berbayar, berarti bisa dibilang tiap bulan ada postingan berbayar. that's pretty awesome for a newbie like me*

5. Coming Soon: Pesta KOPI!
Satu lagi keuntungan jadi blogger KOPI yang mau saya share di sini adalah kesempatan ikut pesta ala blogger yang pastinya bakal seruuuwww. Yippie! Peskop alias Pesta KOPI yang rencananya akan dilaksanakan pada 25-27 November 2016 mendatang memang bukan party gegap gempita dengan DJ dan cocktails yah :) Pesta ala blogger akan berbentuk workshops dan sharing berbagai hal penting serta menarik, mengundang para tokoh penting di berbagai bidang, serta bersosialisasi antar blogger seluruh Indonesia. How excited is that? Apalagi Peskop ini free of charge alias gratisss! Malah peserta Peskop dapet fasilitas berupa akomodasi hotel, goodiebag, dan sertifikat--selain dapet ilmu dan pengalaman yg pastinya LUAARRR BIYASAAKK.

Yang mau ikutan Peskop cuma perlu ikut syarat dan ketentuan di bawah ini, nggak rempong ataupun ribet kok. Syarat pertama tentunya: jadi anggota KOPI dong ;)
:: Dok, KOPI ::

So, tunggu apa lagi?
Yuk jadi blogger KOPI dan rame-rame ikut Pesta KOPI.
see you around!



32 komentar:

Rach Alida Bahaweres mengatakan...

Seru sekali kegiatannya, mba
Smoga makin sukses ya :)

Nurul Rahmawati mengatakan...

Seruuu ini mbak

Moga2 aku juga bisa ikutan acara Kopdar Kopi di Batavia, amiiin

Sonya Tampubolon mengatakan...

:: Rach Alida Bahaweres ::
Emang asik banget mbaakk... ikutan yuk! ;)

Sonya Tampubolon mengatakan...

:: Nurul Rahmawati ::
Amiiinnn. nanti kita bersua yah :) selalu seneng tambah temen baru

Relinda Puspita mengatakan...

Kopiers Daerah maksudnya apa dari seluruh IndonesiA, mbak? Aku di Sumatra, dan pengen banget ikutan.

Sonya Tampubolon mengatakan...

:: Relinda Puspita ::
iyaaa mbak, seluruh Indonesia! yuk lah ikutan. dapet tiket pp dan akomodasi (hotel) loh. klo mau gabung KOPI kirim nomer hp ke emailku ria.sonya@gmail.com biar nanti aku add ke WhatsApp grupnya yaaa. sampai jumpa di Jakarta! :)

eskaningrum mengatakan...

aku baru tau ada KOPI ini, jadi pingin join deh mba

Fanny fristhika nila mengatakan...

Wahhh baru tau ini...menarik mbak..ada tiket pp ama uang harian lagi ^o^

Jade Ayu mengatakan...

Wah, seru banget ini... baru tau aku klo ada KOPI

Eri Udiyawati mengatakan...

Seru banget, pengen gabung deh.. :)

Sonya Tampubolon mengatakan...

:: eskaningrum ::
yuk gabung mbak! klo mau, kirim aja nomer hp ke emailku ria.sonya@gmail.com supaya bs aku invite ke WA group KOPI

Sonya Tampubolon mengatakan...

:: Fany Fristhika Nila ::
Yap, ada uang hariannya juga :) ikutan yuk! langsung gabung KOPI dan tulis artikelnya yaaa

Sonya Tampubolon mengatakan...

:: Jade Ayu ::
maklum umur KOPI msh 'muda' mbak makanya blm nyaring suaranya :D tapi benefitnya buat aku pribadi sih udh berasa bgt :) yuk gabung!

Sonya Tampubolon mengatakan...

:: Eri Udiyawati ::
lebih seru lagi setelah kenal orang2nya loh mbak ;) yuk gabung! kirim nomer hp ke emailku ria.sonya@gmail.com klo mau diinvite ke WA group KOPI yah..

Mira Utami mengatakan...

aku mau Gabunggg donk... kegiatannya seru sekaliiii... bisa saling mendukung satu sama lainnn.

Murni Rosa mengatakan...

Haaii Sonya, Salam kenal ya!
Sepertinya menarik nih, gabung. Aku email ya! ;)

Sonya Tampubolon mengatakan...

: Mira Utami ::
Udah aku add yaaa.. selamat bergabung di KOPI kak Mira :)

Sonya Tampubolon mengatakan...

:: Murni Rosa ::
Hai jugaaa kak Murni, selamat bergabung di KOPI :)

imelda mengatakan...

pengen gabung namun sayang saya orangnya gak maen instagram. sukses untuk KOPI ya mbak :)

Sonya Tampubolon mengatakan...

:: imelda ::
Instagram gak wajib kok mbak :) saya juga gak punya akun ig. Yuk gabung KOPI!

Mukhsin Pro mengatakan...

Saya mau iktan, ikut!

Sonya Tampubolon mengatakan...

:: Mukhsin Pro ::
ayok, yuk lah gabung! :)

Yayu Arundina mengatakan...

waaahhh asyiiikkk. mauuuu. kusave emailnya dulu yah. wa-ku lg error nih

turiscantik.com mengatakan...

Komunitasnya seruuu mbak

Sonya Tampubolon mengatakan...

:: Yayu Arundina ::
ditunggu emailnya ya mbak :) semoga WA-nya lekas sembuh :D

Sonya Tampubolon mengatakan...

:: turiscantik.com ::
join yuk! temen2 KOPI pasti girang bener klo mbak cantik ikutan gabung ;)

Elisamonic mengatakan...

kirain beneran minuman kopi mba hehe. beauty blogger boleh gak ya ikutan?

MINYAK LINTAH mengatakan...

mantap boss

tsabit mengatakan...

CCTV, AC, 082231562589 PABX, ALARM, NURSE CALL

kami melayani jasa jasa pasang dan perbaikan..
1. CCTV bisa dipantau dg hp.
2. AC pendingin ruangan.
3. bel panggil perawat atau pegawai.
4. ALARM kebakaran dan pencurian di gedung.
5. PABX telephone CENTRAL
6. Panel listrik dan instalasi.
7.Design alat sesuai kebutuhan.
8. bel jam otomatis.
9. alat elektronik mesincuci dll
10. Speaker gedung.

untuk info lebih lanjut mohon hub...

0822 315 62589

.
.
.
Pasang pabx di kediri, service pabx di kediri, jasa pabx di kediri, setting pabx di kediri, telepon mati, dering telepon, telepon tidak berdering, service telepon di kediri, malang, di blitar, di tulungagung


klik www.jasaturen.blogspot.com
.
.
.
tulungagung, kediri, nganjuk, madiun, blitar, malang, wlingi, selopuro, karangkates, kepanjen.
.
pabx, telepon, cctv, ac, alarm keamanan,alarm kebakaran, 082231562589, alat pemanggil suster, panggil suster, panggil perawat, pemanggil perawat,

Vimax Asli Makassar mengatakan...

thank you for artcl

rachman zapplerepair mengatakan...

"Zapplerepair pengerjaan di tempat. Zapplerepair memberikan jasa service onsite home servis pengerjaan di tempat khusus untuk kota Jakarta, Bandung dan Surabaya dengan menaikan level servis ditambah free konsultasi untuk solusi di bidang data security, Networking dan performa yang cocok untuk kebutuhan anda dan sengat terjangkau di kantong" anda (http://onsite.znotebookrepair.com)
“Zapplerepair Apple dan Smarphone specialist
telp: 087788855868
website: http://indonesia.zapplerepair.com/

Fomac mengatakan...

Sekalian nih kalo mau usaha membuat kedai kopi, rekomendasi pakai Mesin Kopi dari Fomac - Mesin pengolah makanan.

Posting Komentar

Sudah baca artikel ini? Tinggalkan komentar ya... Thanks!