Senin, 28 Agustus 2017

Golden Ratio: Ternyata Cantik ada Rumusnya!



Pasti sering denger dong idiom "cantik itu relatif, jelek itu mutlak"
Kecantikan sifatnya subjektif, tergantung persepsi masing-masing orang. Tapi, baru-baru ini saya belajar bahwa sebenarnya cantik itu ada rumusnya. Dengan kata lain: kecantikan bisa diukur secara matematis. *WHAT? Gimana caranya?* 
Well, kalau kamu penasaran, baca terus artikel ini untuk tau jawabannya!

Selasa, 22 Agustus 2017 lalu aku diundang ke acara Media and Blogger Gathering yang diadakan oleh Merz Aesthetic. Acara yang bertempat di Brewerkz - Senayan City tersebut digelar dalam rangka memperkenalkan konsep Golden Ratio, sekaligus mensosialisasikan ajang MAAT Golden Ratio Search. Supaya nggak bingung, aku jelaskan satu persatu yaaa

Golden Ratio adalah rasio ideal atau rumus wajah proporsional, yang meliputi
✔ Perbandingan antara panjang wajah (dari ujung atas dahi sampai ujung bawah dagu) dengan lebar wajah (dari ujung kiri pipi kiri sampai ujung kanan pipi kanan) yakni 1,618:1
✔ Simetris antara wajah sebelah kiri dan kanan
✔ Proporsi seimbang masing-masing 1/3 bagian wajah antara bagian atas wajah (dahi sampai batas bawah alis), bagian tengah wajah (mulai dari puncak lengkungan mata hingga ujung bawah lengkungan hidung), serta bagian bawah wajah (dari ujung bawah hidung sampai ujung bawah dagu)


Jika wajah seseorang memenuhi atau mendekati kriteria Golden Ratio di atas, maka secara scientific dia terbilang cantik-proporsional-ideal. Hal ini dipaparkan oleh dr.Adri Dwi Prasetyo, SpKK. Lebih lanjut, sang dermatolog menjelaskan bahwa manfaat mengetahui Golden Ratio bukanlah untuk membuat semua wanita berwajah 'seragam' dengan patokan matematis tersebut. "Di dunia medis, Golden Ratio membantu para ahli estetik untuk menghitung proporsi wajah dan menentukan treatment apa yang dibutuhkan oleh pasien. Sedangkan untuk masyarakat umum, pengetahuan seputar Golden Ratio membuat wanita lebih pintar memahami arti 'cantik' ke arah yang benar, nggak cuma ikut-ikutan tren," pungkas dr.Adri.

Nah, MAAT Golden Ratio Search merupakan ajang pencarian wajah paling proporsional. Tapi jangan salah ya, pemilihan ini berbeda dari beauty pageant. "Ini bukan kontes kecantikan. Yang dicari adalah wajah proporsional sesuai pedoman Golden Ratio," tegas Ricardo Manaloto, General Manager Merz Indonesia. Ajang ini digelar di 10 negara Asia yakni Hong Kong, India, Korea, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, Vietnam, serta Indonesia. 

Selain dr.Adri dan Ricardo Manaloto, terdapat 2 juri lainnya yang akan menjadi tim penilai dalam ajang MAAT Golden Ratio Search di Indonesia, yaitu dr.Kevin Maharis (pakar estetik) dan Affi Assegaf (beauty expert Female Daily). Keempat juri tersebut optimis dan sangat berharap partisipasi para wanita untuk menampilkan kecantikan alami khas Indonesia.

Kandidat yang terpilih untuk mewakili Indonesia akan memperoleh kompensasi sebesar US$ 3000 atau sekitar Rp 40jutaan, serta bertolak ke Bangkok untuk mengikuti rangkaian acara 38th Annual Meeting of the International Society for Dermatological Surgery (ISDS) bersama para kandidat dari 9 negara lainnya. Pasti bakal jadi pengalaman yang seru banget nih!

Tertarik untuk ikut ajang ini, atau penasaran ingin tahu apakah wajah kita termasuk proporsional sesuai Golden Ratio? Caranya nggak sulit kok. Yang perlu dilakukan hanya mengunggah 3 foto wajah kita tanpa makeup (tampak depan, tampak samping, serta satu foto seluruh badan) ke situs www.goldenratiosearch.com

Semua wanita berusia 21 tahun ke atas boleh mengikuti ajang ini *nggak ada batasan usia maksimal lho, jadi ibu atau nenek kita pun boleh mencoba jika tertarik; asalkan wajahnya masih original alias belum pernah menjalani prosedur bedah plastik apapun. Tentunya, foto yang dikirim juga bukan hasil editan yaaaa. Hehehe. Jangan sampe kelewatan, deadline submission foto 30 September 2017.

Segini dulu yang bisa aku paparkan, klo masih ada yg kurang jelas atau butuh info lainnya, silakan langsung kepo'in kunjungi yang berikut ini:



See you next time, gorgeous!

4 komentar:

Dewi Nuryanti mengatakan...

Wajah eyke proporsional ngga sih? Wkwkwk. Kira kira eyke termasuk kategori cantik yg sebenarnya ngga sih? Jd galau baca tulisan ini

Anisa Deasty Malela mengatakan...

Saya baru tahu loh mba ada ajang pencarian wajah proporsional, baru tahu juga ternyata ada rumusan bagaimana seseorang dinyatakan cantik. Terimakasih info-nya, untuk lomba apa saya bisa ikutan ya 😕😕😕

Sonya Tampubolon mengatakan...

:: Dewi Nuryanti ::
nah kan! semua yg dateng ke acara itu jg dibikin penasaran, kak dew.. apalagi si dokter sambil senyam senyum bilang pd saat itu bnyk jg peserta gathering yg wajahnya proporsional. kan jadi ge-er :P *umpetin pipi chubby*

Sonya Tampubolon mengatakan...

:: Anisa Deasty Malela ::
bisa banget ikutan mbaakkk. yg dicari wajah proporsional dan alami kok. gak harus mirip dian sastro ato raisa. ahahah

Posting Komentar

Sudah baca artikel ini? Tinggalkan komentar ya... Thanks!